Pertanyaan sy dr dulu ampe skrng ga ketemu jawabannya..

Halaman 1 dari 5 1, 2, 3, 4, 5  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Pertanyaan sy dr dulu ampe skrng ga ketemu jawabannya..

Post by theduelist on Fri Sep 28, 2007 8:18 pm

Alow...kk admin, ni betul ga post topik nya d sini? kalo slh ya tolong dibenarkan... sy bingung harus ngisi topik apa disini...


yak, balik ke judul...
Pertanyaan ini muncul sejak sy masuk SMP, dimana sy mulai berpikir secara logika dan aga kritis(mungkin...)

sebenarnya asal mula adanya alfabet tuh dr mana? dan mengapa huruf "a" dibaca "a", dan kenapa huruf "b" dibaca "b", dst, mengapa susunan huruf "b" "u" "k" "u" dibaca "buku" dan mengapa kalo kita membayangkan 'buku' pasti terbayang 'buku' yg merupakan lembaran2 kertas.

sy udah bertanya ke orang2, tapi pasti jawabannya "ga tau", "meneketehe", "cari aja di buku", "ya karena...karena...", dan jawaban2 lainnya yg ga jelas...


jadi...
apakah ad yg bisa membantu??
avatar
theduelist
Archxecutor

Jumlah posting : 367
Age : 25
Location : Bandung
Registration date : 19.09.07

Lihat profil user http://theduelist19.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan sy dr dulu ampe skrng ga ketemu jawabannya..

Post by Cyberfreak on Sat Sep 29, 2007 10:30 am

Ya, bener...
Contohnya seperti ini...

Mau tau jawabannya?
Takdir.
Singkat aja.

Pertanyaan ini seperti:
Kenapa 1 tambah 1 = 2?

Karena orang-orang dulu telah menamakannya demikian.

Contoh, suatu spesies dinamakan Panthera tigris
Sampai skarang, akan dinamakan demikian.
Begitu juga dengain hal ini.
avatar
Cyberfreak
Archxecutor

Jumlah posting : 32
Location : Bandung
Registration date : 18.09.07

Lihat profil user http://smpn7bdg-forum.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan sy dr dulu ampe skrng ga ketemu jawabannya..

Post by theduelist on Sat Sep 29, 2007 8:45 pm

ya kalo soal takdir si sy mank dah tau karena takdir...
tapi bagaimana bisa "tercipta" seperti itu??

nah pertanyaan sy ini juga kalo di terusin ampe ke detail2nya bisa masuk ke yang :
Pertanyaan ini seperti:
Kenapa 1 tambah 1 = 2?
.


"a" kenapa di baca "a"? siapa yg pertama kali bilang itu adalah huruf "a"? dan mengapa huruf "a" bentuknya "a"??

kenapa ad bermacam2 bahasa?(seperti jepang, inggris,sunda,indonesia)
padahal kita smua berasal dari 1 keturunan...

Neutral Neutral Neutral Neutral Neutral Neutral
avatar
theduelist
Archxecutor

Jumlah posting : 367
Age : 25
Location : Bandung
Registration date : 19.09.07

Lihat profil user http://theduelist19.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan sy dr dulu ampe skrng ga ketemu jawabannya..

Post by Cyberfreak on Sun Sep 30, 2007 9:18 am

Henri...
Maksud saia tuh gini,
Hal itu, dipercaya karena orang dulu telah menamakannya demikian. Sehingga ini merupakan ketentuan yang harus dipatuhi oleh orang setelahnya...
Sama dengan pengetahuan-pengetahuan yang dijadikan hukum, secara tidak langsung bahasa adalah hukum yang harus dipatuhi orang setelahnya. walau bahasa sendiri sebenarnya melalui proses tertentu.

Sebagai contoh, jepang, yang ternyata asal usulnya adalah para utusan china yang diutus untuk mencari obat bagi sang permasiuri cina saat itu yang tidak kembali karena tidak menemukan obatnya. pertama-tama mereka bicara bahasa cina, sebelum bahasa mereka berbaur dengan penduduk asli jepang saat itu, perlahan kanji yang mereka gunakan berganti menjadi hiragana. Perhatikan karakter hiragana, maka akan ditemukan kesamaan pada huruf huruf kanji sebelumnya.


Jadi jawabannya adalah: karena itu sudah dinamakan demikian, ini juga sama seperti.... kenapa nama saya henri? kenapa nama saya bukan leon, richard atau sebagainya. jawabannya adalah karena orangtua telah menentukan demikian. Smile
avatar
Cyberfreak
Archxecutor

Jumlah posting : 32
Location : Bandung
Registration date : 18.09.07

Lihat profil user http://smpn7bdg-forum.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan sy dr dulu ampe skrng ga ketemu jawabannya..

Post by theduelist on Sun Sep 30, 2007 2:48 pm

hm... masih dikit ga ngerti...

kalo gini misalnya..

kita kan dari 1 keturunan...

nah bahasa yg digunakan sama nenek moyang kita itu (menurut saya) kan bahasa arab...
nah... kenapa skrng jadi lebih dari 1 bahasa?
asal mulanya gimana??

ga ngerti saya...
Sad Sad Sad Sad Sad Sad Sad Sad Sad Sad
avatar
theduelist
Archxecutor

Jumlah posting : 367
Age : 25
Location : Bandung
Registration date : 19.09.07

Lihat profil user http://theduelist19.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan sy dr dulu ampe skrng ga ketemu jawabannya..

Post by Cyberfreak on Thu Oct 04, 2007 9:52 pm

Kekuasaan... daerah dikuasai oleh pemimpin tertentu dan dialah yang menentukan segalanya...

Makanya setiap orang berbeda bahasa karena 1 hal: pemimpin.
avatar
Cyberfreak
Archxecutor

Jumlah posting : 32
Location : Bandung
Registration date : 18.09.07

Lihat profil user http://smpn7bdg-forum.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan sy dr dulu ampe skrng ga ketemu jawabannya..

Post by theduelist on Fri Oct 05, 2007 9:32 pm

kalo gitu, dari mana asal mulanya "kekuasaan" ??
avatar
theduelist
Archxecutor

Jumlah posting : 367
Age : 25
Location : Bandung
Registration date : 19.09.07

Lihat profil user http://theduelist19.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan sy dr dulu ampe skrng ga ketemu jawabannya..

Post by Cyberfreak on Sat Oct 06, 2007 2:55 pm

Kekuasaan berasal dari anggapan bahwa manusia tidak dapat memimpin diri sendiri, dan berpikir bahwa mereka butuh pemimpin. Nah... ini lah asal dari kekuasaan. namun, lama-lama, kekuasaan juga dapat berasal dari rasa takut akan suatu orang/hal dan lain lain...
avatar
Cyberfreak
Archxecutor

Jumlah posting : 32
Location : Bandung
Registration date : 18.09.07

Lihat profil user http://smpn7bdg-forum.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan sy dr dulu ampe skrng ga ketemu jawabannya..

Post by theduelist on Tue Oct 09, 2007 10:45 am

yang pertama memiliki kekuasaan di Bumi ini siapa? selain Allah SWT. Nabi. ?? Question Question
avatar
theduelist
Archxecutor

Jumlah posting : 367
Age : 25
Location : Bandung
Registration date : 19.09.07

Lihat profil user http://theduelist19.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan sy dr dulu ampe skrng ga ketemu jawabannya..

Post by Cyberfreak on Thu Oct 11, 2007 12:49 pm

Wah..... nggak bisa dikejar sejauh itu... Laughing
Kadang kadang suatu misteri biarlah tetap menjadi suatu misteri.
avatar
Cyberfreak
Archxecutor

Jumlah posting : 32
Location : Bandung
Registration date : 18.09.07

Lihat profil user http://smpn7bdg-forum.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan sy dr dulu ampe skrng ga ketemu jawabannya..

Post by theduelist on Thu Oct 11, 2007 1:33 pm

nah entu dia...
pasti setiap pertanyaan yg ingin sy tanyakan, ujung ujungnya itu...
oh... ohh... ohh...
biarlah menjadi misteri ilahi...(ngambil lagu Ari Lasso ni..)

untung pertanyaan sy yg dr dulu ampe sekarang ga kejawab bukan "asal usul Allah" ya! kalo itu udah jadi pertanyaan bisa bisa sy jadi autis, eh! bukan... apalah itu namanya sy lupa, orang yg ga percaya sama Tuhan...
avatar
theduelist
Archxecutor

Jumlah posting : 367
Age : 25
Location : Bandung
Registration date : 19.09.07

Lihat profil user http://theduelist19.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan sy dr dulu ampe skrng ga ketemu jawabannya..

Post by theduelist on Thu Oct 11, 2007 1:37 pm

hm.. kalo antara dinosaurus ama manusia, duluan mana?
kalo manusia purba??

dulu waktu entu guru pernah jawab, tapi sy lupa jawabannya, tapi jawabannya juga ga jelas...
ad yg bisa memberitahu saya jawabannya???
avatar
theduelist
Archxecutor

Jumlah posting : 367
Age : 25
Location : Bandung
Registration date : 19.09.07

Lihat profil user http://theduelist19.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan sy dr dulu ampe skrng ga ketemu jawabannya..

Post by Cyberfreak on Thu Oct 18, 2007 7:48 pm

theduelist wrote:hm.. kalo antara dinosaurus ama manusia, duluan mana?
kalo manusia purba??

dulu waktu entu guru pernah jawab, tapi sy lupa jawabannya, tapi jawabannya juga ga jelas...
ad yg bisa memberitahu saya jawabannya???

Dinosaurus dimusnahkan untuk kedatangan Nabi Adam...
Udah banyak kok bukunya... Smile cari di gramed (bagian buku Islam sih)...
Judulnya. "Keruntuhan Teori Evolusi"
Ada penjelasan singkat disana Smile
avatar
Cyberfreak
Archxecutor

Jumlah posting : 32
Location : Bandung
Registration date : 18.09.07

Lihat profil user http://smpn7bdg-forum.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan sy dr dulu ampe skrng ga ketemu jawabannya..

Post by Lutfita Bourne on Sun Oct 21, 2007 12:06 am

Duh..., salah posting!


Terakhir diubah oleh tanggal Sun Oct 21, 2007 12:11 am, total 2 kali diubah
avatar
Lutfita Bourne
Newbie

Jumlah posting : 5
Age : 25
Registration date : 18.10.07

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan sy dr dulu ampe skrng ga ketemu jawabannya..

Post by Lutfita Bourne on Sun Oct 21, 2007 12:07 am

Aku jawabnya yang ini aja ya....

mengapa susunan huruf "b" "u" "k" "u" dibaca "buku" dan mengapa kalo kita membayangkan 'buku' pasti terbayang 'buku' yg merupakan lembaran2 kertas.

It's all bout perception....
karena dari kita bayi, ortu-ortu kita sudah mengcamkan kalo buku itu sesuatu dari kertas....
karena otak anak kecil lebih mudah menyerap dan mempertahankan suatu ilmu, maka ketika kita gede nih, kita tetep kekeh ngomong buku itu bentuknya kertas! didukung oleh sekitar yang persepsinya juga sama, jadi deh....

mengapa susunannya dibaca buku....
it's all bout perception too!
kita ma ortu dan lingkungan kita diajarin untuk membacanya dengan cara begitu...
beda lagi kalo kamu tinggal di prancis/ negara-nagara lain dengan bahasa lain
pasti dibacanya bukan buku....

see?
it's all bout perception![/quote]
avatar
Lutfita Bourne
Newbie

Jumlah posting : 5
Age : 25
Registration date : 18.10.07

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan sy dr dulu ampe skrng ga ketemu jawabannya..

Post by theduelist on Sun Oct 21, 2007 10:06 am

yup, skrng coba kita bicarakan hanya untuk di Indonesia.
yang 'a' dibaca 'a','b' dibaca 'b' dan seterusnya.

kita ma ortu dan lingkungan kita diajarin untuk membacanya dengan cara begitu...

ortu kan yang ngajarin membaca dengan cara itu, nah skrng siapa yg ngajarin ortu2 kita membacanya seperti itu??
avatar
theduelist
Archxecutor

Jumlah posting : 367
Age : 25
Location : Bandung
Registration date : 19.09.07

Lihat profil user http://theduelist19.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan sy dr dulu ampe skrng ga ketemu jawabannya..

Post by Shiro on Sun Oct 21, 2007 3:07 pm

Hore!!!! Muncul juga! Setelah penantian bertahun-tahun....
To the point saja. Hen alias Theduelist, actually tadinya watashi mau jawab pertanyaan comment pertama. Tapi, sepertinya yang di atas ini lebih penting 'tuk dijawab.
Menurut saya,Yang mengajari orang tua kita membaca dengan teknik atau cara yang seperti kita ketahui p[ada umumnya, adalah karena orang tua dari orang tua kita alias leluhur kita telah mengajari seperti itu.
Mengapa demikian? Mungkin ini akan memunculkan berbagai pertanyaan lainnya. Namun, jawabannya mungkin akan mengarah ke suatu kalimat yang merupakan jawaban sebenarnya.
1. Jika kau telusuri buku karangan John Llyod yang #1 UK Best Seller yang memiliki pertanyaan [e.g :Mengapa rambut kita beruban?] dengan jawaban yang berbeda-beda. Namun jika kau telusuri secara mendalam hingga ke dasar-dasarnya sebenarnya jawban yang bermacam-macam tersebut mengarah ke suatu titik, yaitu jawaban sebenarnya. Namun, bila dilihat, penjawab berasal dari kalangan yang berbeda pula [dapat dilihat dari bangaimana cara penjawab menjawab-red.] sehinga penjelasannya terlihat berbeda. Sehingga [lagi] setiap penjelasan tersebut menimbulkan persepsi lain lagi [jawaban dari pertyanyaan the duelist tentang 'jawaban orang-orang adalah "Meneketehe",Cari aja di buku", etc'] Nah, persepsi tersebut jika disimak maka akan menemukan pertanyaan lain yang mengakibatkan jawaban dengan mengambil jalan yang panjang dan memutar sehingga jawaban dari satu pertanyaan terlihat banyk opsi.
2. Adat istiadat. Setiap negara [hampir] memiliki bahasa yang berbeda [e.g : c di indo dibaca 'ce', c di ing dibaca 'si', c di Turki dibaca 'je', dan tak ada huruf c baik d Jepang maupun Cina, begitu pula huruf V] Nah, mengapa demikian Menurut saya, kemungkinannya adalah penduduk asli atau kekuasaan [jawaban tentang kekuasaan] telah dijelaskan oleh Mr. Cyberfreak bahw 'Kekuasaan berasal dari anggapan bahwa manusia tidak dapat memimpin diri sendiri, dan berpikir bahwa mereka butuh pemimpin'. dan 'Kekuasaan berasal dari anggapan bahwa manusia tidak dapat memimpin diri sendiri, dan berpikir bahwa mereka butuh pemimpin. ' Menurut saya, mungkin karena kedatangan warga asing, dan bahasa daerah tersebut melebur menjadi satu sehingga menciptakan bahasa baru yang digunakan saat ini. Seperti Indonesia, saat ada Belanda, majoritas warga Ind dapat berbahasa Belanda karena kebutuhan mendesak saat itu. Bahasa Indonesia, saya pernah dengar bahwa bahasa Indonesia berasal dari Bahasa Melayu [kalau gak salah] yang melebur menjadi satu dengan bahasa penduduk setempat saaat itu hingga menciptakan Bahasa Indonesia yang amat kita cintai. Mungkin begitu. Nah, mengapa di Jepang tak ada huruf V ?. Ini bukan masalah karena di sana hurufnya aksara kanji atau hiragana, tapi masalah pelafalan. Sebagian orang tak bisa melafalkan sesuatu dengan baik dan benar. Istilahnya sih cadel. Mungkin itu salah satu penyebanya.
Nah, dari dua opini tersebut, mungkin menjurus ke pertanyaan baru lainnya. Intinya, That's my opinion. Thank you. Bagaimana Hen? Eh, Theduelist?

Shiro
Activist

Jumlah posting : 458
Age : 24
Location : Bandung, the great city
Registration date : 10.10.07

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan sy dr dulu ampe skrng ga ketemu jawabannya..

Post by theduelist on Sun Oct 21, 2007 9:48 pm

^^ akhirnya.. kau datang juga...

Menurut saya,Yang mengajari orang tua kita membaca dengan teknik atau cara yang seperti kita ketahui pada umumnya, adalah karena orang tua dari orang tua kita alias leluhur kita telah mengajari seperti itu.
Mengapa demikian? Mungkin ini akan memunculkan berbagai pertanyaan lainnya. Namun, jawabannya mungkin akan mengarah ke suatu kalimat yang merupakan jawaban sebenarnya

yak itu sy tau, trus yang ngajarin leluhur kita siapa??
sy masih belum mendapatkan jawabannya..

penjelasan yg angka 1 itu saya setuju!

penjelasan untuk angka 2, sy ad pertanyaan lagi nie..
terciptanya sebuah bahasa yang baru dan berbeda bagaimana?

x_x aduh... dr penjelasan km, sy dapet banyak pertanyaan lagi nie... aduh... ga usah saya tanya dulu kali yaa... yg ini aja ga rebes2...

^^ minta pendapat kelanjutannya ya!

btw, shiro nama anjing kan?? kok pake nama shiro?

(NB: mungkin pertanyaan awal sy dan selanjutnya berbeda, kenapa? karena sy sedang berusaha membuat kalian mengikuti alur perjalanan pertanyaan saya tuk membantu sy menjawab pertanyaan sebenarnya, dengan menimbulkan pertanyaan2 yg baru.
Sebenarnya dalam pertanyaan2 itu ada pertanyaan2 yg lebih mendalam lagi dari sy...tp sulit untuk sy ungkapkan, dan sulit untuk mendapatkan jawaban yang "pas",makanya sy terus bertanya dan aga ga nyambung..)

(Sy mungkin dianggap kalian sebagai "anak aneh" atau "sok tahu"
atau "pembuat pertanyaan yg tidak penting" atau "anak bodoh" atau "anak yg susah dimengerti" atau "sok pinter"or whatlah!!
tp dengan anggapan itu bisakah kalian membantu saya atas pertanyaan yg muncul begitu sy dr pikiran saya?!!)
avatar
theduelist
Archxecutor

Jumlah posting : 367
Age : 25
Location : Bandung
Registration date : 19.09.07

Lihat profil user http://theduelist19.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan sy dr dulu ampe skrng ga ketemu jawabannya..

Post by Shiro on Mon Oct 22, 2007 5:54 pm

Saya ada ide, ada cara berpikir yang amat efektif, tulis semua pertanyaan yang kamu tulis di selembar kertas agar tidak buyar
^^... Lalu, tulis semuanya di postingan ini. Seperti yang kubilang dari awal, bahwa segala jawaban dengan penjelasan berbeda-beda akan menunjuk pada satu itik, yaitu jawaban sebenarnya. Begitu pula dengan pertanyaan.
Back to the request, Ehem. Ehem.....
terciptanya sebuah bahasa yang baru itu pada awalnnya karena peleburan budaya [Baca deh di postingan sebelumnya]. Dan yang ngajarin leluhur kita itu....
adalah.....
Jreng...Jreng....Jreng!!!!!
Back to the first posting in this topic!
Jika kau berpikir lebih jelas dan mendalam, sebenarnya, yang akan menemukan jawabannya lebih dulu adalah KAU!!!!.
Karena, yang bagai menuntun para penjawab pertanyaanmu [sejauh ini adalah Cyberfreak, Luffita Bourne, dan Shiro] is YOU!!! Sehingga pada dasarnya cara berpikirmu yang amat logis dan kritis dapat menemukan jawabannya. Jadi, kami hanya membantu sedikit dalam proses tersebut meskipun pada dasarnya kita berusaaha mencarinya dan menemukannya bersama-sama. Dan, sebenarnya semua orang yang mengisi posting ini berpikir amat logis. Hanya, kau memiliki cara berpikir kritis lebih tinggi dari siapapun. Maka dari itu, kau bagai memiliki seribu jalan dari satu penunjuk arah di sebuah peta. Begitu.
Lalu, untuk jawaban 'yang ngajarin leluhur kita siapa??
' adalah...
Duh, jadi lupa. Buyar deh. Nanti aja kalau pertanyaannya lebih jelas. Cause, dengan satu pertanyaan dapat menemukan satu jawaban, tapidari pertanyaan yang lebih dari 1, dapat menjadi satu jawban yang lebih tegas dibandingkan yang lainnya karenapenjelasannya akan jadilebih rumit. Untuk sementara itu dulu deh..

Shiro
Activist

Jumlah posting : 458
Age : 24
Location : Bandung, the great city
Registration date : 10.10.07

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan sy dr dulu ampe skrng ga ketemu jawabannya..

Post by theduelist on Sun Nov 11, 2007 10:09 am

ga ngertii... T_T
avatar
theduelist
Archxecutor

Jumlah posting : 367
Age : 25
Location : Bandung
Registration date : 19.09.07

Lihat profil user http://theduelist19.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan sy dr dulu ampe skrng ga ketemu jawabannya..

Post by Shiro on Sat Nov 17, 2007 6:31 am

Setelah lama gak nogol-nongol.........

Datang-datang malah bilang gak ngerti..
Begini, kamu tulis lagi, di mana pusingnya, biar persepsinya jelas!
Begitu ceritanya..

[marquee]by : 白い[/marquee]

Shiro
Activist

Jumlah posting : 458
Age : 24
Location : Bandung, the great city
Registration date : 10.10.07

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan sy dr dulu ampe skrng ga ketemu jawabannya..

Post by theduelist on Sat Nov 17, 2007 9:57 pm

salah satunya yang ini..
Jika kau berpikir lebih jelas dan mendalam, sebenarnya, yang akan menemukan jawabannya lebih dulu adalah KAU!!!!.

^^ wah.. maaf... abis sibuk banget nehh..!!! dari urusan sekolah ampe rahasia....
sori2...
avatar
theduelist
Archxecutor

Jumlah posting : 367
Age : 25
Location : Bandung
Registration date : 19.09.07

Lihat profil user http://theduelist19.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan sy dr dulu ampe skrng ga ketemu jawabannya..

Post by Shiro on Sun Nov 18, 2007 11:23 am

maksudnya adalah.........
Begini, kami, sebagai penjawab seluruh pertanyaanmu itu bagaikan memberi clue kepadamu. Dan kaulah yang bisa memecahkannya.


UNDERSRAND??????

Shiro
Activist

Jumlah posting : 458
Age : 24
Location : Bandung, the great city
Registration date : 10.10.07

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan sy dr dulu ampe skrng ga ketemu jawabannya..

Post by theduelist on Tue Nov 20, 2007 5:54 pm

LAAAAAHHH.....
kalo gitu sy tidak bisa mendapatkan jawaban dr kalian gitu?!
walah.....

T_T
avatar
theduelist
Archxecutor

Jumlah posting : 367
Age : 25
Location : Bandung
Registration date : 19.09.07

Lihat profil user http://theduelist19.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan sy dr dulu ampe skrng ga ketemu jawabannya..

Post by Shiro on Sat Nov 24, 2007 6:59 pm

Tentu saja bisa!!!!!!!!!
Jadi dengan seluruh jawabvan tersebut, kamu dapat memecahkan hal ini.
AH!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!







LUPA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!





Dari jaman kapan, saya mau ,menjawab pertanyaan dari post pertama, tapi.......................




LUPAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA!!!!!!!!!!!

Shiro
Activist

Jumlah posting : 458
Age : 24
Location : Bandung, the great city
Registration date : 10.10.07

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan sy dr dulu ampe skrng ga ketemu jawabannya..

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 5 1, 2, 3, 4, 5  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik